Tentang Kami

Akademi Teknologi Bogor (Akatek Bogor) yang memiliki visi “Menjadi perguruan tinggi vokasi bidang Teknik yang unggul dan berdaya saing di Bogor pada tahun 2025”, adapun misi Akatek Bogor adalah; (1). Menyelenggarakan program pendidikan sesuai dengan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) bidang Teknik Mesin dan Teknik Listrik, (2).Menyelenggrakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang inovatif serta berguna bagi masyarakat dalam bidang Teknik Mesin dan Teknik Listrik, dan (3).Membangun sinergi dan memperluas kerja sama dengan dunia usaha dan industri di Bogor.
Dalam rapat EVAPERCA (Evaluasi dan Perencanaan Kerja) pihak-pihak yang terlibat dalam penyusuan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS) mulai dari Pengurus Yayasan, sampai ke Pengelola perguruan tinggi, tenaga kependidikan, perwakilan mahasiswa, perwakilan alumni, pakar, Stakeholder (perwakilan pengguna lulusan), pengurus program studi dan seluruh dosen tetap dari semua program studi yang ada, dengan mekanisme. Adapun mekanismenya melalui beberapa tahapan seperti, pembentukan tim penyusun VMTS, pengumpulan kajian sumber-sumber berasal dari hasil evaluasi diri, literatur yang relevan dan kebijakan pemerintah, penetapan rumusan VMTS serta terakhir pengesahan dari Yayasan.
Sementara itu sosialisasi VMTS dilaksanakan melalui media sosial, buku pedoman, brosur-brosur, banner, penyampaian pada rapat dosen, kegiatan Pengenalan Program Akademik Mahasiswa Baru, pengarahan mahasiswa baru, display atau banner di ruang dosen, di ruang kelas, di ruang laboratorium, di front office, dan juga dipasang di tempat strategis yang mudah dibaca oleh seluruh civitas akademika dan tenaga kependidikan Akademi Teknologi Bogor.
Tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil merupakan perwujudan daripada tatakelola yang baik dan cocok untuk pengelolaan di Akademi Teknologi Bogor yaitu dengan para pimpinannya mulai dari Pembina yayasan, ketua yayasan, direktur, para wakil direktur, ketua program studi dan kepala bagian masing2 bidang memiliki karakter yang kredibel, mumpuni terhadap perkerjaan yang dihadapi, sedangkan karakter akuntabel, mampu melaporkan sesuai dengan hasil yang ada, bukan dimanupulasi, karakter bertanggungjawab, salah satu karakter yaitu menjalankkan tugas kerjanya sesuai dengan fungsinya, selanjutnya karakter adil harus dimiliki oleh semua level pimpinan dalam memutuskan sesuatu kepada semua pihak, dan terakhir transparan atau terbuka, yaitu karakter pimpinan yang melaporkan perihal adminstrasi dan keuangan mahasiswa secara jelas, dan tidak yang ditutup-tutupi, dan juga segala informasi ke semua dosen, divisi/ bagian secara jelas.
BAN-PT: Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi – AKATEK BOGOR 8
Penerimaan mahasiswa baru di Akademi Teknologi Bogor melalui yaitu jalur seleksi administrasi, tes minat dan bakat, dan tidak ada diskriminatif agama dan suku, ini terbukti ada beberapa mahasiswa yang diterima oleh Akademi Teknologi Bogor berasal dari wilayah Bogor dan sekitarnya, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra dan sampai ke Papua, semua sama berhak mendapatkan pendidikan sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945, pasal 30, sedangkan untuk mahasiswa yang kurang mampu, Institusi Akatek Bogor memberi pembebasan biaya di Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, biaya gedung, biaya seragam kuliah, biaya dana kemahasiswaan dan profesi, biaya praktikum dan biaya SKS dan untuk selanjutnya mengusahakan mengajukan ke Kopertis wilayah IV berkenaan dengan beasiswa mahasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu, sedangkan di kota Bogor akan mengajukan proposal bantuan beasiswa untuk yang tidak mampu, terakhir di propinsi jawa barat akan membuat ajuan beasiswa berprestasi dan tidak mampu.
Pada UKM (unit kegiatan mahasiswa), Akademi Teknologi Bogor senantiasa mendorong mahasiswa untuk mengikuti event-event seperti lomba, event olah raga seperti futsal, dan ini dibuktikan dengan meraih berbagai kejuaraan baik di tingkat nasional maupun wilayah provinsi, kotamadya atau kabupaten. Jumlah student body sebanyak 122 mahasiswa di tahun akademik 2017/2018 menunjukkan ada kenaikan mahasiswa per tahunnya apabila dilihat dari kacamata institusi Akademi Teknologi Bogor, tetapi apabila dilihat dari sudut kacamata masyarakat, jumlah mahasiswa dirasakan masih kurang dan merupakan tantangan untuk tahun-tahun berikutnya mendapatkan mahasiswa yang lebih banyak lagi.
Pihak Akademi Teknologi Bogor akan memfasilitasi para lulusan Akademi Teknologi Bogor melalui kerjasama dengan beberapa perusahaan untuk mendapatkan posisi kerja, apabila belum mendapatkan kesempatan untuk berkerja sesuai bidangnya, institusi secara terus menerus akan memberitahukan info kerja di majalah dinding di kampus Akademi Teknologi Bogor. Disamping institusi mendorong kompetensi kewirausahaan dan memberikan keyakinan kepada para lulusan Akademi Teknologi Bogor akan peluang kerja. Peranan Alumni Akademi Teknologi Bogor memiliki peranan penting demi memfasilitasi para lulusan yang belum mendapatkan kerja.
Rekruitment dosen dan tenaga kependidikan merupakan ujung tombak dari Akademi Teknologi Bogor sedikit berbeda dengan seleksi mahasiswa baru yang tidak menerapkan pengujian seleksi tulis, tetapi hanya seleksi administrasi saja. Proses perekrutan dosen melalui test tertulis memakai test potensi akademik atau sejenisnya, wawancara dan test micro teaching, sedangkan proses perekrutan tenaga kependidikan melalui test tertulis dan wawancara. Para penguji tenaga kependidikan terdiri dari Direktur dan Pembantu Direktur II Bidang Keuangan, Umum dan SDM, sedangkan para penguji untuk dosen terdiri dari satu atau dua pengurus yayasan, direktur, tenaga pakar dan beberapa dosen senior.
BAN-PT: Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi – AKATEK BOGOR 9
Besaran SPP yang didapat dari mahasiswa ditetapkan melalui mekanisme rapat EVAPERCA (Evaluasi dan Perencanaan Kerja) dan yang terlibat didalamnya adalah ; pengurus yayasan, Direktur dan para Pembantu Direktur dan Ketua Program Studi dengan pertimbangan tingkat atau level ekonomi golongan masyarakat dan diputuskan dalam rapat itu bahwa Akademi Teknologi Bogor cenderung merekrut mahasiswa dari golongan menengah ke bawah dengan tingkat biaya SPP hanya di angka Rp.400.000 – Rp.500.000,-/bulan. Disamping institusi Akademi Teknologi Bogor mendapat dana dari SPP mahasiswa, Yayasan Kejuruan Teknologi Baru (YTKB) memiliki bisnis/ usaha di sektor lain seperti usaha Percetakan guna mendukung kekurangan fasilitas belajar mengajar dan biaya operasional.
Akademi Teknologi Bogor juga mengelola asset dan prasarana serta prasarana gedung kampus dengan segala pencatatannya serta memperhitungkan kenaikan bahan material bangunan dan jasa perkerjanya untuk tahun-tahun berikutnya. Kelengkapan sarana perkuliahan menjadi perhatian serius seperti penyediaan komputer, projector, bengkel mobil dan mesin serta peralatan pendukungnya.
Disamping itu Akademi Teknologi Bogor mengembangkan dan mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang dikoordinasikan dengan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM)
Guna mendukung susana yang nyaman bagi penelitian, Akademi Teknologi Bogor memberikan fasilitas pengembangan sumberdaya peneliti, sehingga kemampuan dosen bisa meningkat secara bertahap. Akademi Teknologi Bogor juga memfasilitasi publikasi dalam bentuk penerbitan jurnal, pelatihan penulisan artikel ilmiah di jurnal bereputasi, penulisan karya ilmiah.
Pengembangan jejaring kerjasama.dengan berbagai pihak telah dilakukan yang disesuaikan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu (1) memenuhi bidang pengajaran, (2). Memenuhi bidang penelitian dan (3) memenuhi bidang pengabdian. Alhasil, Akademi Teknologi Bogor sudah menjalin kerjasama dengan perusahan-perusahaan swasta bersakala nasional dan juga yang cukup membanggakan kerjasama dengan perguruan-perguruan tinggi luar negeri, hal ini akan menjadi point yang sangat penting dalam bidang kerjasama.